Tema dan Logo Hakteknas 2024

Tema Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2024 : Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju.

Sebagai bentuk penghargaan dan refleksi terhadap kemajuan teknologi di Indonesia, setiap tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Pada 10 Agustus 1995, penerbangan pertama pesawat N-250, yang diberi nama Gatot Kaca, adalah peristiwa yang menjadi tonggak sejarah pendirian Hakteknas.

Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang berhasil melakukan penerbangan perdana pesawat N-250 pada saat itu. Atas dasar keberhasilan ini, pemerintah menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional melalui Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya pengembangan teknologi dan pemanfaatannya untuk kemajuan bangsa serta mendorong penelitian dan inovasi dalam berbagai bidang.

Tema dan Logo Hakteknas 2024

(Unduh logo berukuran besar JPG disini atau PNG disini)

Tahun ini, Hakteknas mengusung tema "Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju". Tema ini menekankan pentingnya kolaborasi antara periset, akademisi, dan inovator, swasta, dan pemerintah, untuk mempercepat pengembangan riset dan inovasi untuk Indonesia Maju.

Adapun logo Hakteknas ke-29 divisualisasikan lewat rangkaian pita merah yang membentuk simbol infinity (ketidakterbatasan) dikombinasikan dengan angka 29. Logo ini menjadi simbol modern, kuat, dan berkarakter sebagai wujud kehadiran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam memberikan pemanfaatan hasil riset, paten/lisensi, dan inovasi di berbagai sektor.

Logo ini juga menjadi harapan agar bangsa Indonesia mampu menghadapi berbagai tantangan dan mempercepat pencapaian tujuan-tujuan pembangunan untuk mewujudkan visi Indonesia Maju.

Puncak peringatan Hakteknas ke-29 tahun ini akan diselenggarakan di Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno di Cibinong, Jawa Barat, pada 10 Agustus 2024.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional adalah momen yang tepat merenungkan dan menilai kemajuan teknologi Indonesia. Melalui peringatan ini, diharapkan akan terbentuk lingkungan yang mendukung kemajuan teknologi dan inovasi, yang akan memungkinkan Indonesia untuk mencapai tujuan menjadi negara maju yang mandiri dan berdaya saing di kancah global.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.