Piloting PPG Bagi Guru Tertentu 2024: Sasaran Peserta dan Mekanisme Pembelajaran

Penjelasan mengenai Piloting PPG Bagi Guru Tertentu, sasaran peserta dan mekanisme pembelajarannya.

Saat ini, Kemendikudristek sedang menyelenggarakan Piloting PPG Bagi Guru Tertentu, yang bisa disebut sebagai langkah persiapan sebelum PPG dengan format baru nantinya diterapkan secara massif. Namun seperti kita lihat, masih banyak rekan guru yang belum memahami program ini.

Untuk itu, pada artikel ini akan diulas mengenai apa itu Piloting PPG Bagi Guru Tertentu, siapa sasaran pesertanya dan bagaimana mekanisme pembelajarannya.

Piloting PPG bagi Guru Tertentu bertujuan untuk memastikan bahwa pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu berjalan dengan lancar sebelum diterapkan secara luas. Piloting PPG bagi Guru Tertentu ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 4 September 2024.

Piloting PPG bagi Guru Tertentu akan dibuka untuk 61.853 guru yang telah memenuhi persyaratan administrasi pada tahun 2023 (memenuhi semua syarat sebagai peserta PPG), dipilih berdasarkan peringkat usia dan data yang tercatat di Dapodik, serta mempertimbangkan keterwakilan dari 38 provinsi.

Sasaran Peserta Piloting

Sasaran peserta dalam Piloting PPG bagi Guru Tertentu adalah guru yang telah lolos seleksi administrasi pada tahun 2023 (status "Disetujui", memenuhi semua persyaratan peserta PPG). Guru-guru tersebut dipilih berdasarkan sistem peringkat usia dan masa kerja, serta bertugas di satuan pendidikan yang berada di daerah dengan akses internet yang baik di sekitar ibu kota Provinsi/Kabupaten/Kota.

Perlu diketahui juga bahwa, Piloting PPG bagi Guru Tertentu dilakukan dalam skala lebih kecil. Oleh karena itu, peserta Piloting ini disesuaikan dengan sebaran wilayah kerja untuk memastikan perwakilan yang merata dari tiap daerah di Indonesia.

Untuk mengetahui apakah lolos atau tidaknya sebagai peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu, peserta akan menerima notifikasi melalui SIMPKB. Silakan buka akun SIMPKB Anda untuk mengecek apakah termasuk dalam peserta piloting ini atau tidak.

Mekanisme Pembelajaran

Mekanisme pembelajaran Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) dari tanggal 24 Juli hingga 4 September 2024.

Selama Piloting ini, terdapat batasan waktu dalam pengerjaan modul, latihan soal, dan refleksi jurnal pembelajaran. Peserta diharapkan dapat mengikuti program pembelajaran mandiri yang dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.

Semakin cepat peserta menyelesaikan pembelajaran, semakin cepat pula mereka dapat mendaftar Uji Kompetensi Peserta PPG (UKPPPG).

Namun, jika peserta tidak dapat menyelesaikan Piloting PPG bagi Guru Tertentu karena berbagai kendala, peserta masih bisa melanjutkan dan menyelesaikan pembelajaran melalui PMM serta mendaftar dan mengikuti UKPPPG pada periode berikutnya.

Demikian penjelasan mengenai Piloting PPG Bagi Guru Tertentu Tahun 2024. Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.