Konfirmasi Kesediaan Peserta Piloting PPG Guru Tertentu 2024

Langkah-langkah melakukan konfirmasi kesediaan peserta piloting PPG Guru Tertentu (Dalam Jabatan).
konfirmasi kesediaan ppg 2024

Sebelumnya kita telah menerima rilis informasi perihal pelaksanaan piloting peserta PPG Guru Tertentu, dimana sesuai jadwal yang tertera pemanggilan peserta yang terpanggil atau tidak dapat dilihat pada akun SIMPKB masing-masing.

Nah, bagi rekan guru yang terpanggil sebagai peserta Piloting PPG Daljab atau PPG Guru Tertentu 2024, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan konfirmasi kesediaan.

Bagaimana cara konfirmasi kesediaan peserta piloting PPG Guru Tertentu 2024?

1. Langkah pertama adalah masuk pada Portal Layanan Program GTK Kemendikbud lalu pilih menu PPG bagi Guru Tertentu, atau lebih singkatnya langsung masuk pada laman https://ppg.simpkb.id/, kemudian login dengan memasukkan alamat surel dan password.

ppg simpkb id

2. Bagi Anda yang terpilih sebagai peserta piloting PPG Bagi Guru Tertentu akan ada tampilan pengumuman seperti ini:

konfirmasi piloting

Silakan klik Konfirmasi Piloting.

3. Selanjutnya akan tampil informasi penempatan perkuliahan, terdiri dari Nama, Bidang Studi, LPTK Penempatan dan akun belajar.id.

Scroll ke bawah dan akan muncul informasi untuk persyaratan keaktifan di Dapodik berupa status data di dapodik, NIK, NUPTK dan Jenis Guru.

konfirmasi bidang studi

Jika data-data di atas sudah sesuai, klik tombol Bersedia.

4. Selanjutnya adalah melakukan konfirmasi bidang studi. Bagi Anda yang ingin mengubah linearitas bidang studi bisa klik pada tombol “Ubah Bidang Studi/Penyesuaian Nomenklatur”. Namun jika bidang studi yang tertera sudah sesuai dengan ijazah Anda maka kita bisa langsung klik tombol Konfirmasi Bidang Studi.

5. Berikutnya klik tombol Lengkapi Profil, silakan melengkapi biodata diri Anda dan prasyarat kelengkapan data secara lengkap.

Pastikan semua Prasyarat Kelengkapan Data terisi lengkap, ditunjukkan dengan ceklis hijau. Jika data sudah lengkap, silakan klik tombol Ajukan Berkas.

ajukan berkas ppg

Penting diingat perihal klik tombol Ajukan Berkas ini, karena meskipun semua prasayarat sudah ceklis hijau tetapi belum klik tombol ajukan berkas, sama halnya tidak melakukan konfirmasi kesediaan atau belum mengirimkan berkas persyaratan sebagai calon peserta PPG.

Demikian ulasan mengenai cara konfirmasi bersedia pesertia piloting PPG Guru Tertentu atau PPG Dalam Jabatan 2024. Mudah-mudahan bermanfaat.

Referensi:
https://ppg.kemdikbud.go.id/ppg-guru-tertentu

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.