√ Pedoman Pelaksanaan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023

Hari Anak Nasional diperingati tiap tanggal 23 Juli. Tujuannya untuk membangun kesadaran setiap individu, orang tua, guru, dan pemerintah tentang peran pentingnya dalam memenuhi hak dan perlindungan anak.
hari anak nasional

Hari Anak Nasional 2023 - Tahukah anda kapan Hari Anak Nasional diperingati? Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan ini bertujuan membangun kembali kesadaran setiap elemen bangsa, baik individu, orang tua, guru, maupun pemerintah tentang pentingnya tugas masing-masing dalam memenuhi hak dan perlindungan anak.

Hari Anak Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44 Tahun 1984 yang disahkan pada tanggal 19 Juli 1984.

Terkait peringatan HAN tahun 2023 ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sudah merilis pedoman yang dijadikan acuan kegiatan ini. Berikut poin penting dari pedoman tersebut baik tema, logo, dan agenda kegiatan.

Tema

Tema Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 adalah: "Anak Terlindungi, Indonesia Maju"dengan Tagline #BeraniKarenaPeduli : Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya.

Subtema HAN 2023 adalah:

  1. Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas
  2. Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor
  3. Pengasuhan Layak Untuk Anak Indonesia
  4. Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak
  5. Stop Kekerasan, Perkawinan Anak dan Pekerja Anak

Logo

logo hari anak nasional

Unduh logo PNG

Filosofi Logo

a. 3 Anak yang Memegang Bendera Merah Putih
Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang saka merah putih.

b. Warna Merah dan Putih
Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

c. Garis Berwarna Abu-abu
Situasi endemi yang berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi hak anak, bergembira dan penuh kreativitas dalam perlindungan keluarga.

Twibbon

twibbon hari anak nasional

Penyelenggaraan

Penyelenggaraan acara puncak HAN Tahun 2023 akan dilaksanakan pada Hari Jum’at tanggal 23 Juli 2023di Simpang Lima Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Pemilihan lokasi ini berdasarkan atas banyaknya nilai edukasi yang baik untuk anak-anak, dan tempat pertama kali peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan.

Demikian informasi mengenai peringatan Hari Anak Nasional ke 39 tahun 2023. Sesuai dengan tujuannya, mari kita jadikan momentum peringatan HAN ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Source : Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023.pdf

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.